Disable Copying

Tuesday, March 3, 2015

Hey Entrepreneur!

All You Need is Great Inspiration
Oleh: Maulana Malik Fikri
Sumber Gambar: Koleksi Pribadi
Buku ini sebenarnya adalah rangkuman dari beberapa jurnal bisnis ilmiah (Harvard Business Review) yang diterbitkan secara bulanan oleh Harvard University. Harus saya akui bahwa ini adalah salah satu cara yang kreatif untuk menulis buku, dan pastinya sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang menjalankan bisnis saat ini.

Hal pertama yang jelas terlihat adalah bahwa dengan membaca buku ini, kita dapat segera mengetahui tips and tricks penting mengenai dunia bisnis yang telah diteliti oleh Harvard University. Hal ini tentu akan menghemat waktu dan tenaga kita untuk mencari informasi penting mengenai strategi-strategi dalam berbisnis. Hal kedua adalah bahwa sang penulis juga merupakan sebuah pebisnis yang ulung, karena dengan mengandalkan sumber daya jurnal bisnis ilmiah Harvard kemudian merangkumnya dan membuat buku ini juga pasti memberikan keuntungan, tanpa bersusah payah mencari ide yang benar-benar baru. Yang dilakukannya sebenarnya sangat sederhana, namun pengaruhnya cukup besar.

Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari buku ini, dimana gaya bahasanya dikemas cukup baik agar mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. Dipaparkan berbagai informasi mengenai strategi bisnis, misalnya cara untuk menjalankan bisnis pada masa resesi ataupun cara untuk berkompetisi. Mungkin yang paling menarik adalah cara untuk berkompetisi harga, dimana kita akan ditempatkan pada berbagai posisi untuk menurunkan harga, memberikan diskon ataupun memberikan promo pada masa-masa sulit, ataupun dengan mengubah packaging, sistem, serta service.

Bagian lain yang tak kalah penting adalah bagaimana cara bernegosiasi, yang dipaparkan dengan cukup detail di buku ini. Ada berbagai cara untuk bernegosiasi, namun pastinya a win-win solution is the best choice. Kita tidak hanya bernegosiasi dengan pelanggan, namun juga dapat bernegosiasi dengan supplier, partner bahkan kompetitor kita.

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah inovasi. Suatu bisnis wajib berkembang untuk menjadi sukses, dan agar memiliki daya saing yang lebih tinggi dari yang pesaing lainnya. Ini juga dapat disebut sebagai value added. Terdapat berbagai cara untuk berinovasi. Salah satunya adalah dengan menggabungkan semua unsur yang telah ada. Misalnya, handphone dan kamera sebenarnya adalah dua benda yang terpisah. Namun, melalui inovasi, sekarang hanphone memiliki kamera sendiri di dalamnya, yang memberikan daya tarik tersendiri bagi produk ini.

Itulah sedikit paparan mengenai buku ini. Tertarik? Benar-benar saya rekomendasikan bagi para pebisnis muda.

0 comments: